Kamis, 14 Januari 2021

Buku Manajemen Pendidikan Islam

Buku Manajemen Pendidikan Islam
Rp90,000

Quantity

Beli Sekarang Lihat Keranjang

Spesifikasi Produk
Judul

Manajemen Pendidikan Islam

Penulis M. Riduan, S.Pd.I
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Tipe Islam
ISBN 978-623-7715-59-7
Bahan Sampul Soft Cover
Jumlah halaman 296
Ukuran 14,5 x 20 cm
Kondisi Baru
Stok 80
Deskripsi Produk Pendidikan merupakan persoalan penting bagi semua umat. Pendidikan selalu menjadi tumpuan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat. Memang pendidikan merupakan alat untuk memajukan peradaban, mengembangkan masyarakat, dan membuat generasi mampu berbuat banyak bagi kepentingan mereka.

Tirjuan pendidikan sinkron dengan tujuan hidup bangsa, yaitu melahirkan individu, keluarga dan masyarakat yang saleh, serta menumbuhkan konsep-konsep kemanusiaan yang baik dianrara umat manusia dalam mencapai suasana saling Pengertiansehingga dapat melahirkan konsep-konsep yang sesuai dengan budaya, peradaban, dan warisan umat serta pandangannya tentang alam, manusia dan hidup.

Pendidikan tidak berada dalam ruang hampa. Artinya, pendidilan selalu berada dalam konteks. Pendidilan merupakan wahana, sarana, dan proses serta alat untuk mentransfer warisan umat dari nenek moyang kepada anak cucu dan dari orang tua kepada anak.

Sifat Muraqabah adalah sifat merasa selalu diawasi oleh Allah SWT. Sifat ini mendorong kesadaran manusia untuk senantiasa melaksanakan kebaikan sebagaimana yang Allah SWT perintah dan menjauhi larangan-Nya. Sesungguhnya pada diri manusia sudah tertanam sifat spiritual. Manusia memiliki sifat hanif. Manusia hakikatnya selalu berhasrat dan ingin kepada kebaikan dan menjunjung nilai kejujuran dan keadilan, meskipun tidak ada orang yang melihatnya. Itulah fitrah manusia. Maka, diri kita tinggal menjaga dan mengembangkan sifat muraqabah yang sudah menjadi sifat dasar pada setiap diri manusia. Adapun mengembangkan sifat yang efektif adalah dengan membangun keyakinan dan menunjukkan bukti. Keyakinan akan menjadi dasar dari sifat. Tanpa keyakinan orang akan mudah goyah dalam memegang sifat ini, dan keyakinan ini ditanamkan melalui doktrin-doktrin dengan kesungguhan secara bertahap. Adapun bukti yang harus ditunjukkan adalah dengan dilakukannya dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sifat yang dikembangkan. Artinya perilaku yang berdasarkan sifat muraqabah itu harus dijalankan oleh semua sumber daya manusia dalam melaksanakan manajemen pendidikan khususnya manajemen pendidikan Islam. Sehingga bisa dilihat dan dirasakan dalam kegiatan dilembaga pendidikan Islam.

Jalan kesuksesan itu dibangun di atas dua bagian
  1. Hendaknya kamu memaksa jiwamu muraqabah (merasa diawasi) oleh Allah SWT.
  2. Hendaknya ilmu yang engkau miliki tampak didalam perilaku lahiriahmu sehari-hari.
Muraqabah dapat membentuk mental dan kepribadian seseorang sehingga ia menjadi manusia yang Sidiq, Fathanah, Amanah, Tabligh dan istiqomah. Seharusnya engkau malu terhadap Allah SWT dalam setiap kesempatan dan seyogyanya hukum Allah menjadi pegangan dalam keseharianmu. Janganlah engkau turutkan hawa nafsu dan bisikan syaitan. Dengan kesadaran sifat muraqabah kita akan malu terhadap Allah SWT pada saat beribadah menghadap Nya. Mendengar semaunya dan melaksanakan perintah Nya dengan segera.

Tambah Komentar

  • Facebook
  • Blogger

0 komentar:

Posting Komentar